Senin, 28 November 2016

GAK JAMAN KALO BELUM KENAL "VLOG"


Loopers, ada banyak banget jenis blog yang didasarkan pada kontennya. Contohnya aja seperti vlog, phlog, audio blog, microblog, dan masih banyak lagi. Tapi kali ini, Loop mau bahas salah satu jenis blog, yaitu vlog. Kenapa vlog? Soalnya vlog ini lagi ngetren banget lho. Saat ini juga banyak banget vlogger-vlogger yang eksis dan terkenal seperti Andovi da Lopez. Kamu mau jadi seperti dia? Makanya kamu harus tahu dulu apa itu Vlog.

Apa itu Vlog?

Setelah Loop searching di Urban Dictionary, Vlog adalah sebuah video dokumentasi jurnalistik yang berada di dalam web yang berisi tentang hidup, pikiran, opini, dan ketertarikan. Jadi semacam TV gitu ya, Loopers. Tapi ini versi sederhananya. Hmm tapi jangan kira bikin vlog itu gampang, Loopers. Yah, meskipun nggak seribet program TV sih. Hehe.
Kamu bisa kok bikin vlog dengan peralatan seadanya seperti pake hape. Kan hape sekarang udah canggih-canggih dan punya resolusi kamera yang besar. Tapi ingat ya, Loopers, vlog beda sama blog biasanya karena kamu diharuskan bisa ngomong di depan kamera dan membuat video itu menarik buat banyak orang.

Sejarah Vlog

Dimulai dari sesorang bernama Adam Kontras yang memposting sebuah video bersama dengan entri blognya pada tahun 2000. Dan di tahun yang sama pada bulan November, Adrian Miles memposting video yang mengubah text pada gambar diam dan menggunakan kata vlog yang merujuk pada video blog yang ia posting. Dan di tahun 2004, Steve Garfield meluncurkan video blognya sendiri dan menyatakan bahwa tahun itu adalah tahunnya video blog. Nah, sejak saat itu mulailah dikenal yang namanya vlog.
Vlog meningkat popularitasnya mulai awal tahun 2005. Yahoo! Videoblogging mengalami peningkatan anggota secara drastis. Dan di tahun itu juga, situs video sharing, YouTube muncul. Dan dalam sekejap, YouTube mendapat peringkat 5 website yang paling banyak dikunjungi.

Fenomena Vlog di Indonesia

Memang sih di awal kemunculan vlog di tahun 2005, Indonesia belum mengenal Vlog sama sekali. Tapi baru-baru ini, apalagi sejak tahun 2014, udah banyak vlogger-vlogger Indonesia yang menunjukkan batang hidungnya. Sebut aja channel vlog skinnyindonesian24 punya Andovi da Lopez, Sacha Stevenson, Raditya Dika, Aaron Shahab, dan masih banyak lagi. Mereka selalu menyajikan video-video lucu dan menarik yang siap menghibur kamu, Loopers.
Nggak cuma di YouTube, sekarang ini juga viral banget vlog yang dilakukan di Instagram lho. Sebut aja salah satu akun yang selalu menyajikan video lucu seperti indovidgram dan chandraliow. Hanya saja kalo di Instagram, videonya terbatas dalam durasi 15 detik.

Nah gimana Loopers? Kamu tertarik buat bikin vlog dan jadi vlogger terkenal seperti nama-nama yang Loop sebutkan tadi? Then, let’s start your own vlog. 

Sumber : http://loop.co.id/articles/apa-sih-vlog-itu-kok-ngetren-banget-ya

0 komentar:

Posting Komentar